Rabu, 23 Desember 2015

10 Konspirasi Pemerintahan Film Anime

Code Geass

Konspirasi di suatu pemerintahan, biasanya selalu mengundang ketertarikan berbagai banyak pihak, terutama dari sisi media dan masyarakat. Fenomena itulah yang akhirnya mengundang para penulis hingga sineas untuk menuangkannya ke dalam sebuah cerita, tak terkecuali di dunia animasi Jepang atau anime. Jepang yang menjadi salah satu negara pencipta animasi terbesar, memiliki sejarah politik yang sangat panjang. Sebut saja perang saudara di masa kejayaan para samurai dan shogun, hingga Perang Dunia II. Sehingga tak heran jika para sineas animasi Jepang termasuk yang berkecimpung di dunia animasi, memasukkan bumbu-bumbu politik serta konspirasi pemerintah yang rumit di beberapa judulnya. Saking seriusnya menggarap tema krusial tersebut, sampai-sampai beberapa judul anime diganjar berbagai penghargaan baik skala nasional maupun internasional. Lalu, apa saja anime yang menghadirkan unsur konspirasi pemerintahan paling rumit hingga saat ini?

Berikut adalah 10 Konspirasi Pemerintahan Paling Rumit Dalam Film Anime :

1. Monster
Monster
Monster menjadi salah satu proyek anime yang menonjolkan konspirasi besar dengan melibatkan pemerintah Jerman. Karakter antagonis bernama Johan Liebert, digambarkan memiliki kekuatan tersembunyi yang disetarakan dengan Hitler dan iblis. Ia juga kerap melakukan berbagai aksi yang dianggap berbahaya hingga menjadi buronan. Dari situlah terungkap jika sisi antagonis Johan ternyata dikembangkan melalui program rahasia pemerintah Jerman. Konspirasi di dalam Monster memang tidak mencakup seluruh dunia, tapi efeknya menyebar ke seluruh Jerman hingga mampu menutupi program masa lalu Nazi.

2. Neon Genesis Evangelion
Neon Genesis Evangelion
Anime Neon Genesis Evangelion mengawali kisahnya dengan kemunculan para Angel (semacam makhluk raksasa berbagai bentuk) yang menyerang bumi dan Jepang secara membabi buta. Anak-anak remaja pun terpilih untuk melawannya melalui robot khusus yang mereka kendarai. Seiring perkembangan cerita, ternyata ada konspirasi besar yang melibatkan pemerintah Jepang dan organisasi khusus bernama NERV atas serangan para Angel. Hal tersebut diungkap menjelang akhir cerita. Sebuah film animasi berjudul End of Evangelion yang menjadi alternatif episode terakhirnya, menjelaskan kenyataan yang mengejutkan.

3. Code Geass
Code Geass
Konspirasi politik menjadi bumbu utama Code Geass yang disebut sebagai salah satu anime terbaik sepanjang masa. Kisah mengenai pemberontakan orang-orang Jepang dari invasi kaum Britannia ini, menghadirkan banyak adegan pertempuran yang melibatkan robot. Saat sesosok pemuda asal Britannia bernama Lelouch ingin membantu para pemberontak Jepang, berbagai konspirasi pemerintah di setiap negeri pun ditampilkan seiring berjalannya cerita. Bahkan, konflik ini tak hanya melibatkan Jepang dan Britannia, namun juga negeri-negeri lain yang memiliki pemimpin dengan ambisi tertentu.

4. Gundam
Gundam
Franchise Gundam merupakan salah satu anime bertema robot yang memiliki banyak konspirasi pemerintah di dalamnya. Umumnya, konflik di setiap judulnya selalu berpusat pada pertikaian antara pemerintah bumi dan pemerintahan koloni luar angkasa. Gundam Seed contohnya. Perlawanan terhadap militer demi bisa membajak robot Gundam menjadi salah satu ceritanya. Ditambah lagi, terdapat ambisi salah satu pemerintah untuk melakukan genosida dan selalu ingin melihat peperangan. Terdapat juga judul-judul Gundam lain yang melibatkan konspirasi pemerintah seperti Gundam 0083: Stardust Memory, Zeta Gundam, dan Gundam 00. Seri klasik Zeta Gundam menyajikan kelompok militer khusus buatan pemerintah Bumi bernama Titans yang diciptakan untuk mengakhiri kekejaman sisa-sisa Zeon (klan dari koloni luar angkasa). Sayangnya, kelompok tersebut malah melakukan lebih banyak kekejaman dan memilih berkonspirasi dengan pemerintah untuk menutup-nutupinya. Sementara, Gundam 00 sempat menghadirkan sebuah konspirasi yang unik dan tak pernah terpikirkan sebelumnya. Salah satunya adalah nuansa perang dingin layaknya Amerika melawan Uni Soviet.

5. Tengen Toppa Gurren Lagann
Tengen Toppa Gurren Lagann
Gurren Lagann berkisah mengenai impian sekelompok anak muda yang ingin hidup di permukaan bumi. Sayangnya, lingkungan mereka mewajibkan manusia tinggal di bawah tanah karena adanya ancaman pemerintah barbar di permukaan. Perkembangan cerita terus berlanjut hingga fase permukaan bumi, luar angkasa, hingga luar galaksi. Salah satu konspirasi yang ada di dalamnya berasal dari pemerintahan barbar yang ternyata memiliki maksud tersendiri hingga mereka memaksa umat manusia tinggal di bawah tanah.

6. Fullmetal Alcemist: Brotherhood
Fullmetal Alcemist: Brotherhood
Anime satu ini memang sarat akan unsur politik bersama dengan embel-embel militer serta ahli alkimia. Konspirasi di dalam Fullmetal Alcemist: Brotherhood melingkupi seluruh dunia oleh pemerintah sejak zaman purba. Hadirnya konspirasi itu, disebabkan karena adanya ambisi salah satu tokoh antagonis untuk bisa hidup abadi. Bahkan, ia juga memiliki impian untuk bisa menjadi Tuhan di atas Bumi.

7. Legend of the Galactic Heroes
Legend of the Galactic Heroes
Fokus utama dalam anime Legend of the Galactic Heroes adalah hadirnya konflik politik antara beberapa kelompok internal di sebuah faksi utama yang merupakan satu-satunya di kisah berbau fiksi ilmiah ini. Bumbu dari tema tersebut adalah perang kepahlawanan antar galaksi beserta ketegangan politik antara beberapa kubu dan individu. Seiring berkembangnya waktu, terlibatlah tiga kekuatan besar dalam sebuah konflik hingga masing-masing memiliki faksi sendiri beserta agenda pribadi demi bisa merebut kekuasaan internal.

8. Rose of Versailles
Rose of Versailles
Layaknya anime Legend of the Galactic Heroes, Rose of Versailles juga memiliki skema dan ketegangan politik yang melibatkan faksi serta beberapa kekuatan besar hingga tercipta beragam konspirasi. Akan tetapi, anime ini bertempat di era klasik dengan jumlah karakter yang lebih sedikit. Sehingga, banyak kepribadian setiap tokoh yang bisa digali serta skema politik besar yang tak terlalu rumit.

9. Jin-Roh: The Wolf Brigade
Jin-Roh: The Wolf Brigade
Anime Jin-Roh: The Wolf Brigade sarat akan unsur politik modern yang cukup kental di sebuah era fiksi. Terutama, fokus ceritanya yang menyajikan intrik politik antara badan keamanan Jepang dengan pemerintahan fasis yang melakukan sebuah konspirasi.

10. Ghost in the Shell: Stand Alone Complex
Ghost in the Shell: Stand Alone Complex
Dalam anime Ghost in the Shell: Stand Alone Complex, terdapat beberapa konspirasi kecil yang melibatkan pemerintah. Musim kedua anime yang berjudul Ghost in the Shell: S.A.C. 2nd GIG, terdapat konspirasi dari berbagai instansi pemerintah yang melancarkan perang rahasia untuk saling melawan satu sama lain.

Bagikan

Jangan lewatkan

10 Konspirasi Pemerintahan Film Anime
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.